Pages

0

6. [IGONOLOGY] (Tips Ngobrol) Buat Yang Bingung Ngehadapin Gebetan :D

PROLOG
Ngobrol. Aktifitas komunikasi, prasyarat sosialisasi. Maksudnya, yang namanya kita hidup sebagai makhluk sosial pasti ga bakal lepas dari peranan orang lain disekitar kita. Dan "ngobrol" itulah yang megang peranan pentingnya
Dari cara kita ngobrol, orang bisa menilai, menerka, bahkan ampe menjudge diri kita lho.

AFAIK
Pasti asik banget ya kalo kita bisa jadi pribadi yang jago ngobrol. Minimal kita bisa nyampein pikiran, perasaan, atopun apa yang kita pengen ke orang laen.
Tapi kalo lu termasuk orang yang susah ngobrol ya ga usah takut juga. Ngobrol itu bukan bakat alam sepenuhnya kok, ngobrol itu keterampilan yang bisa dipelajari.

4 ELEMEN "M"
Bukan! Bukan elemen avatarnya si Aang. Tapi seni ngobrol tuh secara garis gedenya dibagi jadi 4M. Apa aja ya?
Lets scroll yuk!



1. MEMBUKA
Cuy, kita ga bakal bisa mulai ngobrol dengan sapapun kalo kita ga masang sikap apa adanya. Kalopun bisa, kayaknya bakal keliatan aneh deh. Ga perlu lah kita berusaha supaya keliatan kharismatik tapi dengan berusaha niru gaya orang lain. Mending juga kita eksplor kelebihan diri daripada nantinya kita dikuasain sama perasaan takut dicuekin pas ngomong ato apalah, pokoknya jauhin deh pikiran jelek tentang orang sekitar! Kalo kita udah ngerasa tenang, pastinya kita bisa bersikap lebih santai. Sikap santai ini nih yang bikin kita jadi good looking en menarik buat dideketin, daripada lu tegang padahal belum juga dipegang (tangannya )

2. MEMULAI
Nah, ini nih yang krusial. Kesan pertama! Waktu orang pertama kali ngeliat kita, dia bakal ngebentuk imej tentang diri kita di dalem pikirannya. Nah, first impress ini lah yang jadi cikal bakal nentuin bijimane cara dia nanggapin kita. Mau ntu antusias, mau mau ngga ngga, ato malah nyuekin kita. Jadi biar imej pertama kita asik di mata dia, setting muka lu biar keliatan ramah en ceria tapi ga perlu ampe sumringah. Terus, tatap mata dia; tunjukin kalo lu perhatian. Kalo lu ngajak ngobrol orang tapi ga mau, malu, ato malah takut natap mata dia, tar jatohnya lu bakal dijudge ga jentel, lho.

Bingung mau ngomong apaan?
Biar lidah kita gak njelimet, pertama kita ngomong yang simple aja dulu. Say heyho, muji, ato nanya kabar kek. Kalo udah dirasa lancar, panjangin dikit dah omongon lu. Ya bukan berarti lu ngomong, "Hai, apa kabaaaaa........aaaaaaar" ampe lidah lu cenat cenut kayak cintanya smes di transtipi. Biar kedepannya ga bingung nentuin topik, ajuin pertanyaan yang ngebutuhin jawaban lebih dari sekedar "ya" ato "tidak". Kenapa? Supaya lu ga perlu nentuin dan cari topik berulang ulang.

Masih bingung juga mau ngomong apa?
Liat sekitar dan manfaatin itu sebagai topik! Ng, komentar ato nyatain pendapat tentang sesuatu juga bisa mancing pembicaraan tuh. Yang jelas, pantangin mulut lu supaya kagak berkomentar ato nyatain sesuatu tentang orang lain! Ga mau kan dianggap tukang gosip? Kalo ampe doi mikir gini, jelas lu bakal kehilangan muka, respect, en kesempatan buat kenal dengan doi lebih dalem lagi.
Keilfilan terjadi bukan karena niat gebetan, tapi karena kelakuan agan yang menyesatkan!
WASWAS LAH! WASWAS LAH!


3. MENJAGA
Ngejaga supaya obrolan lu ntu terus berjalan, disinilah kesan "ngerasa nyambung" lahir. Pokoknya kalo udah ketemu topik yang asik, tunjukin sikap tertarik lu pada topik ntu en pada omongan doi.

Secara sikap sih tunjukin aja ekspresi muka, gerak bodi, nada en volume suara lu waktu ngerespon omongan doi. Konsen ama apa yang lagi dibahas dan boleh juga sekali kali timpalin pake jokes ringan yang singkat (kalo kebanyakan, lu bakal dianggap ga ngehargain en terkesan "males" dengerin dia).

Tau ga trik supaya dia makin antusias? Ngalah bin pura pura bego tentang apa yang lagi lu obrolin aja, coy. Walopun lu pinter, tapi coba bayangin apa yang kira kira bakal terjadi? Dia bakal antusias ngejelasin ke lu! Kenapa? Dia bakal ngerasa pinter en bangga karena "tau apa yang orang lain ga tau". Bisa lu rasain juga kan kalo ada di posisinya? Di sini bisa ditimpalin ama jokes lagi lho, lama lama lu dapet imej "humoris" deh (untuk cewek sendiri, mayoritas pada demen cowok humoris lho). Tapi inget, pura pura begonya jangan kebangetan, masa iya lu ga tau kalo TS igonology itu ganteng (?) ato masa iya lu kaga tau sapa presiden ke-4 Zimbabwe. Yang ada, nanti antara lu disangka bego beneran ato terkesan "ngetest" dia.

Gimana? Jauh lebih baik daripada lu (cowok) nunjukin superioritas lu ke doi (cewek) kan? Kan kasian kalo dia ngerasa "ciut" gara gara lu ngomong ngalor ngidul penuh wawasan tapi dia cuma dikasih ngomong "Oh iya ya", "Bener juga sih", dsb. Yang ada obrolan lu ga bakal berkembang, doi pun jadi ngerasa minder ke lu.

Satu hal yang kudu diperhatiin, boleh aja semangat ngobrol. Tapi tetep pelihara rasa sabar dong. Jangan sekali kali nyela ato monopoli pembicaraan itu kalo lu emang ga mau lawan bicara lu itu jadi boring bin "males". Coba pikirin kalo lu ada diposisinya? Ga asik banget pastinya.

4. MENGAKHIRI
Ngakhirin obrolan pun sebisa mungkin jangan asal, kecuali kalo kedepannya lu emang ga ada niat ngobrol ma dia lagi. Kalo lu pengen akhirin topik karena menurut lu ga asik, alihin aja! Dengan catatan, kira kira dia juga bakal tertarik ama topik baru ntu. Tunggu ampe dia selesai ngomong, kasih respon positif, baru deh alihin. Misalnya lu ma dia lagi ngomongin celana dalem tapi lu pengen ganti topik yang lu suka; begitu dia selesai ngomong, lu sambit deh:
"...emang iya celana dalem itu segitiga, soalnya didesain secara ergonomik bin aerodinamik sama penemunya, kamu pinter juga yah, hehe. Oh iya, kamu nyadar ga harga dolar en emas dunia lagi naik? padahal kan..bla..bla..inflasi..bla..bla..reboisasi..bla.. bla..irigasi..bla..bla".

Nah, kalo lu harus ngakhirin obrolan karena harus pergi, cepet cepet tentuin "kata perpisahan yang menyejukkan hati" (taela...). Misalnya? Bayangkan sebuah drama situasi dimana dirimu dan nya, terjebak oleh dilema kondisi;

doi : "duh hujan! gw musti cabut nih, jemuran belum diangkat!"

nah, lu jawab aja kayak gini;
"yaah, padahal lagi seru serunya...ng, nanti kita lanjutin lagi yah"

ato formalnya; "seneng deh bisa ngobrol sama kamu, lain kali kita ngobrol lagi ya"

ato cara PDKT frontal;
"yah sayang banget, padahal gw masih butuh masukan dari lu. ng, gimana kalo kita smsan aja? ng, nomor hp lu berapa?"

ato cara sinetron Indonesia;
teriak "APAAA?!! (mata melotot-slow motion-zoom in camera) terus nangis dibawah guyuran hujan

Selebihnya, gunain aja imajinasi lu yah

EPILOG
Yah, apapun itu. Asalkan kita mau berusaha tau tekniknya, pasti nantinya bakal kita kuasain. Begitu juga dengan kenalan. Ehm, gw rasa konten post gw udah kepanjangan nih. Jadi gw ga mau ngomong panjang lebar lagi. Intinya, be brave dan jangan ragu untuk berkenalan!


Oia, perlu digarisbawahin kalo konten post ini gak ngegeneralisir. Semua disusun berdasar fakta pengalaman dan teori relativitas yang tentunya bakal ngelahirin banyak beda pendapat ama temen temen sekalian. post ini dibuat dengan tujuan hiburan & informasi dan bagi gw beda pendapat itu biasa. Jadi dengan segala hormat gw mohon untuk hindarin segala bentuk prajudis ga berdasar. Kritik saran? Boleh kok






0 comments:

Post a Comment

Back to Top